Setelah Game Makernya dibuka,ikutin langkah-langkahnya dibawah ini.Jangan lupa di save.
1.Buatlah 3 object,2 sprite dan sebuah font.
2.Pada font beri nama "hurup" dengan jenis font "arial",ukuran 20.Style Bold dan Italic.
3.Pada sprite pertama beri nama "sprkotak" dengan ukuran 32x32 dan warna merah.Pada sprite kedua beri nama "sprsegi4" dengan ukuran 32x32 dan warna biru.
4.Pada object pertama beri nama "obkotak" dengan sprite "sprkotak",pada object kedua beri nama "obsegi4" dengan sprite "sprsegi4" dan pada object ketiga beri nama "drawer".
5.Pada "obkotak" beri events "create" dengan actions "execute code",tuliskan variabel "flicker = 0" (yang ditanda petik).
Sesudah itu beri events "keyboard <left>","<up>","<right>","<down>".Pada keempat events beri actions "move fixed" dengan "speed:4"."Directions" dapat dilihat pada gambar dibawah.
<left> |
<up> |
<right> |
<down> |
Beri events "begin step" dengan actions "execute code".Tulis kode di bawah.
if (flicker>0)Beri events "game start" dengan actions "set lives".Pada kolom "new lives" isi dengan angka 100.
{
flicker-=1;
visible=flicker mod 2;
}
else
visible=true;
Beri events "collision 'obkotak'" dengan actions
"test variable,'variable:flicker, value:0, operation:equal to'".
"set lives,'new lives:-1,relatives'".
"execute code,'flicker = 300'".
"test variable,'variable:flicker, value:0, operation:larger than'".
"set lives,'new lives:0,relatives'".
Events begin step |
Pada "drawer" beri events "draw" dengan actions "set font,'font:hurup,align:left'" dan "draw lives,'x:0,y:0,caption:Lives:'".
6.Buat sebuah room dan letakkan semua object di sembarang tempat.Jangan lupa,"speed" pada room/"room speed" ditulis 30 (lihat pada tab settings).
Room |
7.Tekan "F5" pada keyboard untuk mengetes game.Coba kalian gerakkan player/"obkotak" dengan tombol panah sampai menyentuh "obsegi4".Lives berkurang 1 dan player akan berkedap-kedip selama 10 detik.
Gampang'kan cara bikinnya.Kalo bingung download file tutorialnya di sini
Sedikit penjelasan.Untuk menentukan lama waktu berkedip kalian bisa mengubah variabel "flicker" atau "room speed" sesuai keinginan.Tapi lebih bagus mengubah variabel "flicker".Rumusnya lama waktu=flicker/room speed.Ngga percaya?Hitung sendiri.
Efek ini saya dapat dari Daniel Remar,creator IJI.Ini websitenya.>VJm<
0 komentar:
Posting Komentar
Silakan berkomentar dan jangan menaruh SPAM.Thank you!