Senin, 13 September 2010

Cara Membuat Efek Kedap-Kedip

Pernah main game?Pasti semuanya jawab "pernah".Biasanya dalam game itu,kalo player hidup lagi (setelah nyawa berkurang),player akan kebal terhadap musuh untuk sementara.Coba kalian bayangkan kalo ngga ada yang begituan,bakal susah menyelesaikan gamenya.Agar kita yang memainkan game itu tahu bahwa player lagi kebal,dibuat berbagai macam efek,misalnya efek kedap-kedip,tranparan,ganti warna dan lain-lain.Dalam tutorial ini saya akan membahas efek kedap-kedip.Langsung aja buka Game Makernya.

Setelah Game Makernya dibuka,ikutin langkah-langkahnya dibawah ini.Jangan lupa di save.
1.Buatlah 3 object,2 sprite dan sebuah font.

2.Pada font beri nama "hurup" dengan  jenis font "arial",ukuran 20.Style Bold dan Italic.

3.Pada sprite pertama beri nama "sprkotak" dengan ukuran 32x32 dan warna merah.Pada sprite kedua beri nama "sprsegi4" dengan ukuran 32x32 dan warna biru.

4.Pada object pertama beri nama "obkotak" dengan sprite "sprkotak",pada object kedua beri nama "obsegi4" dengan sprite "sprsegi4" dan pada object ketiga beri nama "drawer".

5.Pada "obkotak" beri events "create" dengan actions "execute code",tuliskan variabel "flicker = 0" (yang ditanda petik).
Sesudah itu beri events "keyboard <left>","<up>","<right>","<down>".Pada keempat events beri actions "move fixed" dengan "speed:4"."Directions" dapat dilihat pada gambar dibawah.

<left>
<up>
<right>
<down>


Beri events "begin step" dengan actions "execute code".Tulis kode di bawah.
if (flicker>0)
   {
   flicker-=1;
   visible=flicker mod 2;
   }
else
   visible=true;
Beri events "game start" dengan actions "set lives".Pada kolom "new lives" isi dengan angka 100.
Beri events "collision 'obkotak'" dengan actions
"test variable,'variable:flicker, value:0, operation:equal to'".
"set lives,'new lives:-1,relatives'".
"execute code,'flicker = 300'".
"test variable,'variable:flicker, value:0, operation:larger than'".
"set lives,'new lives:0,relatives'".

Events begin step

Pada "drawer" beri events "draw" dengan actions "set font,'font:hurup,align:left'" dan "draw lives,'x:0,y:0,caption:Lives:'".

6.Buat sebuah room dan letakkan semua object di sembarang tempat.Jangan lupa,"speed" pada room/"room speed" ditulis 30 (lihat pada tab settings).

Room

7.Tekan "F5" pada keyboard untuk mengetes game.Coba kalian gerakkan player/"obkotak" dengan tombol panah sampai menyentuh "obsegi4".Lives berkurang 1 dan player akan berkedap-kedip selama 10 detik.

Gampang'kan cara bikinnya.Kalo bingung download file tutorialnya di sini
Sedikit penjelasan.Untuk menentukan lama waktu berkedip kalian bisa mengubah variabel "flicker" atau "room speed" sesuai keinginan.Tapi lebih bagus mengubah variabel "flicker".Rumusnya lama waktu=flicker/room speed.Ngga percaya?Hitung sendiri. 
Efek ini saya dapat dari Daniel Remar,creator IJI.Ini websitenya.>VJm<

0 komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dan jangan menaruh SPAM.Thank you!

Back to top