Rabu, 21 April 2010

Tutorial Dialog Box di Game Maker

Temu lagi,friends!Hari ini saya mau kasih tutorial bikin dialog box di gamemaker.Dialog box yang bakal saya munculkan disini ada 2 macam,yaitu dialog box yang pake animasi dan dialog box yang ngga pake animasi.Font yang digunakan dalam tutorial ini ukurannya 12.Kalo mau ukuran lain setting sendiri.Pertama-tama saya akan ngebahas dialog box yang pake animasi.
Lihat gambar di bawah. kodenya ditaro di script msg





Keterangan yang saya ngerti ada dibawah ini dan boleh diubah sesuai kebutuhan
draw_set_font(font2) buat setting font
draw_set_color(c_black); buat setting warna font
draw_set_color(c_white); ngga tau buat apa,soalnya kodenya saya dapet dari orang lain,bukan saya bikin
draw_background_stretched_ext(background,0,480,800,128,c_white,0.5) buat menggambar background di screen.Value 0 dan 480 itu koordinat x dan y,yang 800 dan 128 itu width (lebar) dan height (tinggi) dan yang 0.5 itu buat transparasi.
draw_rectangle_color(0,480,800,608,c_black,c_black,c_black,c_black,false) sama dengan yang diatas,bedanya buat value 800 dan 608 itu koordinat x1 dan y1.
draw_sprite(sprite,argument1,5,365) buat menggambar sprite di screen.Di tutorial spritenya kosong alias ngga ada ekspresi tokohnya,tapi kalau mau bisa kamu gambar spritenya  buat ekspresi tokoh kayak game RPG.
nnn2 += 1,mengatur cepatnya animasi text.Valuenya tetap dibiarkan 1,soalnya saya pernah saya ubah jadi 5 dan hasilnya benar-benar buruk
nnn3 += 0,ngga tau buat apa,tapi pas saya ubah jadi 5,mantap!Textnya ngga jelas.
draw_triangle_color(780,588,800,588,790,608,c_red,c_yellow,c_maroon,false) buat menggambar segitiga di bawah kiri,sebagai tanda animasi text yang muncul sudah selesai.Kalo ngga mau pake juga boleh,ngga ngehang kok.
Kedua pembahasan dialog box tanpa animasi.Lihat gambar di atas,eh maaf,dibawah.



Keterangannya dibawah
draw_set_alpha(0.8) buat transparasi.
draw_set_color(c_white) setting warna.
draw_rectangle(o_msg.x+0,o_msg.y+0,o_msg.x+800,o_msg.y+128,false) menggambar segi empat.Di tutorial ukurannya sama dengan dialog box animasi.o_msg bakal saya jelasin di bawah nanti.
draw_set_alpha(1) buat transparasi juga
draw_set_color(c_black) setting warna
draw_rectangle(o_msg.x+0,o_msg.y+0,o_msg.x+800,o_msg.y+128,true) menggambar segi empat juga tapi ada garis tepinya.
draw_set_font(font2) setting font.Ukurannya juga 12.
draw_text(o_msg.x+5,o_msg.y+5,string(argument0)) buat menggambar text.
Dialog boxnya mau ditaro di x1=0,y1=480,x2=800,y2=608 (ukurannya sama dengan yang pake animasi) tapi ngga bisa kalo pake ganti view kaya diggy (lihat Diggy Remake Trouble),jadi dibikin object o_msg buat setting koordinat dialog box.
Trus koordinatnya di ganti jadi begini x1=o_msg.x+0,y1=o_msg.y+0,x2=o_msg.x+800,y2=o_msg.y+128.Tapi masih belum cukup gitu aja.Tambah action di object Diggy kaya gini (lihat gambar)



Itu biar o_msg pindah-pindah terus  dan dialog boxnya ada di koordinat yang tepat.
Ini link buat download Dialog box tanpa animasi.
Yang animasi sekaligus dengan RPG-engine karena kodenya saya dapet dari situ.Download disini
Oh ya,kelupaan.Kalo mau nulis textnya begini,msg("Bla,bla,bla").msg bisa diganti dengan nama script tempat kamu naro kode dialog box.

1 komentar:

ordinaryboy mengatakan...

thakyu gan lumayan neh buat ni bisa di pake buat rancangan game rpg...

Posting Komentar

Silakan berkomentar dan jangan menaruh SPAM.Thank you!

Back to top