Senin, 05 April 2010

Diggy The Eggman Remake Problem Plus Tutorial Game Maker

Hore,Diggy The Eggman belum jadi.Kenapa belum jadi???Karena saya sedang dapat masalah.Masalah apa??Ini dia.Rencananya,saya mau bikin pergantian tampilan yang kayak pergantian room tapi di room yang sama (lihat di gamemaker dan lihat gambar).Maaf kalo gambarnya jelek.

Nah,pindahin tampilan dari 1 ke 2 dengan room yang sama.Waktu saya coba dengan view,ngga berhasil.Tapi saya ngga putus saya.Lalu saya teringat dengan contoh game yang dibikin kaya gini (lihat gambar).Saya cari-cari di komputer saya.Ngga ketemu.Besoknya saya cari lagi di internet,tepatnya di yoyogames,eh,ngga dapat juga.Saya jadi kesel.Saya jadi putus asa dan ngga semangat ngelanjutin Diggy lagi.Ada contoh game RPG.Eits,saya lupa.Saya pernah lihat filenya.Tapi cuma sebentar karena object-nya banyak.Pusing!!Tapi menjawab permasalahan saya.Saya buka lagi.Meski pusing,saya tetap berjuang mencari jawaban permasalahan saya.Yes!!Ketemu!!Akhirnya saya kembali semangat.Nih,saya kasih tau,eh,kasih lihat actions yang menjadi jawaban permasalahan saya.Lihat gambar.
Ini di letakkan di object player.Ngga ngerti.Baiklah,saya akan jelasin dengan gambar yang ada di bawah ini.
Yang dikotakin warna biru daerah room,yang warna merah daerah view.
Bola no.1 itu pangkalnya belum melewati ujung view.Jadi belum berganti tampilan.
Bola no.2 pangkalnya pas dengan ujung view.Belum lewat,jadi belum berganti tampilan.
Bola no.3 pangkalnya udah lewat.Jadi berganti tampilan.
Jadi intinya pergantian tampilan akan terjadi bila bola itu melewati ujung view.
Buat gambar yang isinya actions tadi sebenernya sama saja dengan penjelasan di atas,tapi dengan lebih kompleks.Saya jelasin dulu.
If y is larger than view_yview+599
set variable view_yview to 600 (relative)
artinya jika posisi y player lebih besar dari posisi y view,posisi y view akan nambah sebesar 600.
Disini y view-nya 599,berarti buat ganti tampilan y player harus 600.Jangan lupa centang box relative,kalau ngga dicentang viewnya akan pindah ke y:600 (y-nya yang ada di room).
Buat actions yang lain kurang lebih sama kayak yang di atas ini.Buat yang nilainya - (minus) artinya posisi di sebelah kiri.Tampilan pindahnya juga di sebelah kiri.Dan juga value-nya ngga harus sama dengan yang saya tulis.Bebas sesuai keinginan.Actions-nya bikin di events Step.Oh,iya.Ini dia hasil actions yang dibuat tadi.
Saat player melewati batas view,tampilan akan berganti.Misalnya dari 1 ke 2,2 ke 4.Dan juga bisa bolak-balik karena nilai minus.Hebat,kan!Sekian dulu.

1 komentar:

Varian Joe mengatakan...

Tutorial pertama dari VJ

Posting Komentar

Silakan berkomentar dan jangan menaruh SPAM.Thank you!

Back to top